Selamat Datang di Website Resmi

KECAMATAN CANDIPURO

Kondisi Umum Kecamatan Candipuro

Kondisi Umum

 

  • KONDISI DAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN MANUSIA

 

    1. Sumber Daya Alam

      Mengenai tingkat kesuburan tanah di wilayah Kecamatan Candipuro dapat              diklasifikasikan sebagai berikut :

      1. Daerah Subur : yaitu daerah yang dapat ditanami sepanjang tahun, yaitu tanaman padi, jagung, ketela, pisang dan tembakau.

      2. Daerah Sedang : yaitu daerah yang mempunyai perbandingan antara masa tanaman padi dan perkebunan 1 : 3 yang terdapat pada masing-masing Desa.

    1. Sumber Daya Manusia

    2.           Faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Candipuro salah satunya ditentukan dari sektor pendidikan. Pendidikan adalah merupakan salah satu program tri plus Kabupaten Lumajang. Titik Berat ini dilakukan untuk merencanakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), melalui prasarana pendidikan SD / SLTP.

               Dengan potensi sumber daya manusia yang ada maka dengan                     dilaksanakannya program pembangunan khususnya dibidang pendidikan                 diharapkan pada tujuan akhir adalah untuk menciptakan atau mencetak                 potensi sumber daya manusia handal yang mampu untuk bersaing dalam               melaksanakan pembangunan di segala bidang.

 

  • OBYEK WISATAAda 3 ( tiga ) obyek wisata alam di Candipuro

   1. Hutan Bambu ( wono deling alias Won'deling )

                Destinasi wisata alam yang menyajikan kawasan nan elok dari pepohonan        bambu yang berjejer bagus dan ASRI. Tersaji sumber mata air yang jernih              sebagai konsumsi minum, persawahan sekaligus kebutuhan area pemandian.

          " Oleng ", merupakan binatang yang disakralkan menjadi penunggu hutan         yang eksotik menjadi daya tarik wisata yang diagungkan saat bulan SURO (           MUHARRAM ) selain " Kera " ( Monyet ) dan " Kalong " ( sebangsa kelelawar           besar ).

  

   2. Tirtosari View

              Destinasi wisata alam yang menyajikan Pemandian sumber mata air alami          dengan dikelilingi pepohonan dan persawahan nan eksotik. Area ini juga                ditumbuhi pohon bambu dan pohon lainnya yang cukup bagus sebagai tempat         berselfi bahkan tersedia foto under water bersama ikan-ikan koi.

            Setiap bulan SURO teragenda secara rutin acara RUWAT AIR sehingga              mampu menarik wisatawan untuk senantiasa menunggu saat Cultur itu tiba.

 

    3. Gunung Wayang

             Lokasi Gunung Wayang yang berdampingan dengan tempat pantau                aktivitas SEMERU di Gunung Sawur, menjadikan wisata alam ini digandrungi            masyarakat terutama kawula muda. Untuk mendaki Gunung Wayang terlebih         dahulu diawali naik ke Gunung Sawur yang bisa dijangkau via mobil/ sepeda            motor.

         Gunung wayang merupakan destinasi wisata pendakian yang menyajikan         view yang cukup indah disepanjang pendakian sampai puncak. Dilokasi ini               tersedia tempat nge-Camp dan sekaligus tempat PARALAYANG yang mendatang      akan disuguhkan.

 

 

Edit Hapus

Facebook
Lokasi Kecamatan

HUBUNGI KAMI :

Kecamatan Candipuro
Jln. Jend. Sudirman N0. 35 Candipuro
0334-571551
kec_candipuro@lumajangkab.go.id



STATISTIK PENGUNJUNG :

Hari ini : 1
Bulan ini : 1.540
Total Pengunjung : 20.287